MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan Tugas 2

Posting Komentar
MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan Tugas 2 yang akan didapatkan melalui tuton (tutorial online) pada minggu ke empat dan kelima. Jawaban bisa didapatkan dari BMP MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan pada modul empat dan modul lima bahkan bisa sampai pada modul enam tergantung referensi yang diberikan.

MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan Tugas 2

Tugas ini sangat penting untuk dikerjakan karena bisa memberikan bantuan nilai pada tuton, membantu mahasiswa membaca BMP dan terbiasa dengan materi MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan. Berikut contoh tugas 2 dari MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan, semoga bisa menjadi bahan belajar teman-teman sekalian.



Pertanyaan MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan Tugas 2

  1. Globalisasi yang ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang informasi, komunikasi dan transportasi, sehingga dunia menjadi transaparan seolah-olah menjadi kampung sedunia tanpa mengenal batas negara. Kondisi yang demikian menciptakan struktur baru, yaitu struktur global. Kondisi ini akan mempengaruhi struktur dalam kehidupan masyarakat, bebangsa dan bernegara di Indonesia, serta akan mempengaruhi pola pikir, sikap dan tindakan masyarakat Indonesia yang akhirnya akan mengancam ketahanan Nasional Indonesia.

    Berdasarkan hal tersebut, coba saudara analisis apa kekuatan dan kelemahan bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman globalisasi dan strategi apa yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman globalisasi?
  2. Salah satu hal yang menjadi kekurangan dari demokrasi adalah bahwa “kebenaran di dalam demokrasi itu ditentukan oleh suara terbanyak”. Ini dapat menjadi tanda bahwa apapun keputusan yang dilahirkan melalui proses demokrasi belum dapat menjamin adanya kebenaran yang hakiki yang berlandaskan pada ketentuan hidup yang berlaku. Dalam demokrasi bisa saja yang benar menjadi salah dan yang salah menjadi benar. Padahal demokrasi ini selalu dijadikan sebagai prinsip hidup dalam keseluruhan aktivitas berbangsa dan bernegara di Indonesia. Berikan analisis anda terhadap hal ini!

Jawaban MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan Tugas 2

Jawaban MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan Tugas 2 No. 1

Kekuatan bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman globalisasi adalah masih dipegangnya budaya Pancasila dan kearifan local pada beberapa masyarakat, sehingga Identitas suatu masyarakat atau Negara masih bisa di pertahankan. Ini seperti paradox dari pengamatan J Naisbit. Namun menurut Kenichi Ohmae dalam buku Bordeless World mengungkapkan bahwa memang batasan masyarakat dalam bisnis akan hilang namun ini tidak akan menghilangkan sebuah identitas Negara seseorang yang berbisnis. Tetapi secara budaya maka ini bisa menjadi ancaman bahwa identitas budaya suatu Negara bisa hilang. Jika demikian maka bisa saja identitas lain yang melekat pada warga Negara bisa hilang.

Kelemahan yang dimiliki masyarakat Indonesia adalah kurang penguasaan teknologi globalisasi sehingga masyarakat Indonesia akan selalu menjadi pemakai teknologi dan sedikit yang menciptakan teknologi. Contoh sederhana adalah telepon genggam yang saat ini menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Pada kenyataannya masyarakat Indonesia hanya sedikit yang bisa meproduksi tekhnologi ini dan lebih banyak sebagai pemakai (end user). Maka secara ekonomi kita akan lebih banyak mengeluarkan biaya ketimbang mendapatkan profit dari penjualan. Walaupun masih ada produksi dalam negeri yang sudah diekspor ke luar negeri namuan jumlahnya tidak melebihi jumlah impornya.

Untuk itulah pemerintah harus menempuh strategi untuk mencipatkan lingkungan yang bisa menghadapai ancaman globalisasi. Sesuai dengan pernyataan James Champy lingkungan yang bisa menghadapi era globalisasi adalah lingkungan:

  • Lingkungan yang merangsang pemikiran majemuk. Lingkungan itu tidak lagi mungkin ditentukan oleh produsen, tetapi oleh suatu tim yang sadar akan tujuan yang dicapai dan oeka terhadap keinginan konsumen. Maka bangsa Indonesia harus membuat suatu tim dalam Negara untuk melakukan penilaian terhadap keinginian konsumen dalam pasar.
  • Lingkungan yang memiliki manusia yang menguasai ilmu, terampil dan bertanggung jawab. Untuk itulah bangsa Indonesia harus menyiapkan sumber daya manusianya agar lebih menguasai ilmu yang diperluakan meningkatkan keterampilan dan berdedikasi atau bertanggung jawab oenuh terhadap pekerjaan sehingga bangsa Indonesia tidak kalah dengan bangsa lain.
  • Lingkungan dengan masyarakat Meritokrasi atau masyarakat yang menghargai dan menghormati prestasi, sehingga bangsa Indoensia harus lebih mengedepankan prestasi ketimbang status dalam organisasi dalam hal ini adalah Negara Indonesia.
  • Menghormati masyarakat yang dapat menuntaskan pekerjaanya. Inilah budaya yang bisa menguatkan bangsa Indonesia dalam menghadapi era globalisasi’


Jawaban MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan Tugas 2 No.2

Memang demokrasi melihat pada keputusan suara terbanyak. Dan bisa saja yang benar menjadi salah dan yang salah bisa menjadi benar. Namun ini adalah keputusan bersama yang diambil secara bersama. Maka apapun keputusan yang diambil harus dilaksanakan dengan sebaikbaiknya. Jika keputusan yang diambil jika dievaluasi atau di lihat hasilnya ada kesalahan maka bisa diperbaiki secara demokrasi juga. Maka perbaikan akan didapat.

Namun ini juga tidak lepas dari peran masyarakat Demokrasi itu sendiri. Jika masyarakat yang menjalankan secara adil maka keputusan yang didapat juga adil.

Itulah contoh soal dan referensi jawaban untuk Tugas 2 MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan, semoga bisa membantu teman-temen dalam belajar mata kuliah ini. Biasakan membaca dan mengerjakan soal latihan di BMP ya...

Disarankan dibaca juga:

Posting Komentar