EKMA4111 Pengantar Bisnis Tugas 1

Posting Komentar
EKMA4111 Pengantar Bisnis Tugas 1 posting hari ini ya teman-teman. Semoga ini bisa membantu sebagai acuan atau gambaran saja untuk mengerjakan tugas 1 dari mata kuliah EKMA4111 di Universitas Terbuka (UT).

EKMA4111 Pengantar Bisnis Tugas 1

Jika teman-teman mengikuti tutorial online, maka akan mendapatkan tugas 1 pada minggu ketiga. Tugas 1 ini biasanya diambil dari modul 1 2 3 pada buku materi pokok atau BMP. Jadi mengerjakan tugas ini bisa melihat pada BMP Modul 1 2 3 EKMA4111 Pengantar Bisnis. Berikut contoh soal Tugas 1 EKMA4111 Pengantar Bisnis yang kami miliki.

Soal EKMA4111 Pengantar Bisnis Tugas 1

1. Strategi apakah yang tepat dilakukan untuk menghadapi pasar bebas atau perdagangan bebas khususnya MEA 2016 dari segi pelaku bisnis terutama UMKM ? Hubungkan dengan Teori - teori yang ada di Buku Materi Pokok pengantar Bisnis dan dianalisis.
2. Apa yang paling penting harus dilakukan dalam mengahadapai MEA 2016 atau pun Pasar Bebas selain MEA ?
3. Menurut anda Bagaimana Kesiapan SDM di INdonesia mengahadapi MEA 2016 dibandingkan dengan SDM dari negara Lain?
4. Bagaimana Peran Entrepreneur dalam Menghadapai MEA 2016 ?
5. Bagaimana Implementasi Etika Binsis dan CSR dalam menghadapai MEA 2016
Dilarang upload tugas di Form diskusi, dan jangan copy paste jawaban tugas dengan rekan yang lain.
Selamat mengerjakan Tugas

Jawaban EKMA4111 Pengantar Bisnis Tugas 1


Jawaban EKMA4111 Pengantar Bisnis Tugas 1 No.1

Jika kita melihat pada teori keunggulan kompetitif yang saat ini atau kahir akhir ini banyak digunakan untuk melihat alasan dilakukan perdagangan bebas sebagai salah sati bentuknya adalah MEA 2016 ada beberapa hal yang bisa dilihat untuk keunggulan kompetitif nasional, yaitu:

  • Kondisi faktor Produksi seperti tenaga kerja, modal, kewirausahaan, sumber daya fisik dan sumber daya informasi.
  • Kondisi permintaan, konsumen domestik yang mempromosikan permintaan.
  • Industri yang berhubungan dan yang mendukung, termasuk pemasok lokal atau regional dan pelanggan industri
  • Struktur, strategi dan persaingan sehingga menghasilkan biaya minimal, produksi meningkat, namun justru dapat meningkatkan kualitas dan produk menjadi lebih inovatif.




Maka hal ini juga harus bisa diteraokan pada pelaku bisnis dan salah satunya UMKM. Pelaku bisnis atau UMKM harus unggul secara nasional. Meskipun bentuknya UMKM juga harus memiliki faktor produksi yang baik seperti tenaga kerja yang terampil, modal yang kuat – bisa bekerjasama dengan pihak bank untuk pendanaan, jiwa kewirausahaan yang kuat, memanfaatkan sumber daya fisik yang kuat secara maksimal serta sumber daya informasi yang baik – dengan informasi yang lebih baik mengenai pasar juga akan mempengaruh produk yang sesui permintaan pasar dan mudah dipromosikan.

Jika tidak mampu masuk dalam industri besar, maka bisa sebagai industri pemasok untuk mendukung industri besar.
UMKM harus memulai melakukan manajemen usaha dengan lebih baik. Produk inovatif dan bermanfaat akan lebih banyak memberikan efek keunnggulan produk sehingga pasar mudah menerima. Gunakan Teknlogi tepat guna agar biaya produksi bisa lebih murah dan menghasilkan inovatif sehingga nilai jual manfaat bisa lebih besar.

Berdasarkan teori keunggulan absolut, maka UMKM harus memiliki produk yang lebih unggul ketimbang negara lain secara spesialisasi kualitas lebih baik dan harga harus lebih murah.

Berdasarkan teori keunggulan komparatif, maka UMKM memiliki spesialisasi dalam menghasilkan produk yang lebih efisien dalam hal penggunaan biaya dan modal.

Jawaban EKMA4111 Pengantar Bisnis Tugas 1 No. 2

Untuk menghadapi MEA 2016 atau Pasar Bebas lainnya, maka yang penting harus dilakukan adalah menghasilkan kebutuhan pasar yang bisa bersaing dengan produksi dari negara lain. Bersaing disini adalah bersaing kualitas, kemudian bersaing inovasi, bersaing harga dan bersaing jumlah produksi. Pemerintah bisa membantu dengan daya dan informasi lengkap yang dimiliki dengan membuat program peningkatan daya saing para UMKM di Indonesia.

Jawaban EKMA4111 Pengantar Bisnis Tugas 1 No. 3

Sebagai negara berkembang maka kesiapan SDM secara umum adalah kurang dibandingkan dengan negara maju. Tetapi SDM Indonesia secara semangat kerja sangat siap untuk menghadapi etos kerja di MEA 2016, namun untuk kesiapan keterampilan dan kemampuan masih sedikit yang memilikinya.
Secara kemampuan bahasa, ternyata negara di ASEAN saja Indonesia masih banyak SDM yang kurang untuk bahasa global. Kesiapan penguasaan Teknologi masih pada posisi tengah diantara negara negara ASEAN.

Jawaban EKMA4111 Pengantar Bisnis Tugas 1 No. 4

Entrepreneur bisa berperan dalam meningkatkan daya saing UMKM sebagai pemasok bisa memberikan pelatihan peningkatan kualitas produk dan juga penguasaan teknologi. Sehingga sebisa mungkin Entrepreneur bisa tetap menggunakan produk dari UMKM untuk kebutuhan produksi.




Jawaban EKMA4111 Pengantar Bisnis Tugas 1 No. 5

Etika bisnis adalah sebuah keputusan yang diambil dengan melihat kondisi karyawan, pelanggan dan juga lingkungan baik perusahaan maupun sekitarnya. Tetapi bisa juga lebih luas areanya.

CSR atau Corporate Social Responsibility sebagai tanggung jawab nilai sosial dari sebuah perusahaan. Tujuannya adalah bagaimana CSR ini bisa memberikan manfaat untuk karyawan, pelanggan dan lingkungan. Lingkungan yang lebih luas akan bisa membantu menjangkau usaha lainnya. Dengan adanya CSR adalah Etika Bisnis perusahaan secara sosial membantu masyarakat agar memiliki daya saing untuk menghadapi MEA 2016.

Misalkan Pada suatu daerah perusahaan Pengolahan Kelapa Sawit, maka CSR bisa dialokasikan kepada masyarakat untuk memiliki lahan penanaman kelapa sawit. Serta pengembangan produksi. Jika cukup bisa membuat koperasi untuk jual beli yang manfaatnya bisa untuk masyarakat dan karyawan.

sampai disini dulu posting Tugas 1 EKMA4111 hari ini, ini hanya acuan dan gambaran saja. Jangan plagiat, karena ini bisa mempengaruhi proses belajar teman-teman dan juga bisa menjadi tidak baik saat menghadapi ujian. Selamat belajar dan sukses selalu untuk semuanya.

Disarankan dibaca juga:

Posting Komentar