MKDU4221 Pendidikan Agama Islam Tugas 1

Posting Komentar
MKDU4221 Pendidikan Agama Islam Tugas 1 kembali kami posting hari ini untuk teman-teman semua. Pendidikan Agama Islam adalah mata kuliah dasar umum dengan kode MKDU4221. Rekomendasi mata kuliah ini diambil pada semester 1. Jika teman-teman mengikuti tutorial online maka akan mendapatkan yang tugas kuliah ini.

MKDU4221 Pendidikan Agama Islam Tugas 1

Tugas 1 MKDU4221 Pendidikan Agama Islam akan didapatkan pada minggu ke tiga di kelas tuton. Teman-teman bisa mencari jawabannya di Buku Materi Pokok (BMP) pada modul 1 2 3. Berikut contoh soal dan jawaban MKDU4221 Pendidikan Agama Islam Tugas 1.

Soal / Perintah Tugas MKDU4221 Pendidikan Agama Islam Tugas 1

Anda sudah mempelajari materi Pendidikan Agama Islam baik melalui BMP (modul 1, 2 dan 3) maupun Tuton (inisiasi 1, 2 dan 3) Coba Anda jelaskanfenomena aktualisasi nilai-nilai demokrasi dan HAM dilihat dari konsep demokrasi dan HAM menurut ajaran Islam!

Rambu-rambu: Ekspose aib (kesalahan) seseorang melalui media. Selamat bekerja!

Jawaban MKDU4221 Pendidikan Agama Islam Tugas 1

Fenomena aktualisasi nilai nilai demokrasi dan HAM dilihat dari konsep Demokrasi dan HAM menurut ajaran Islam. Islam telah memberikan aturan dalam syariahnya yang tertuang di dalam Al Qur’an dan Hadist. Demokrasi jika dari sisi persamaan maka Islam juga sudah mengaturnya dengan adanya persamaan hak masyarakat baik itu umat Islam ataupun Non Islam dalam keteraturan kegiatan dunia.

Begitupun dengan Hak Asasi Manusia (HAM), Islam juga telah mengaturnya dengan baik, Untuk urusan lahiriah manusia semua mendapatkan persamaan untuk mendapatkan hak. Hak itu antara lain untuk mendapatkan sandang pangan dan papan.

Jika penerapan Demokrasi dan HAM pada istilah kebebasan, maka Islam memberikan aturan yang lebih spesifik. Kebebasan diatur dengan batasan batasan yang jelas sesuai hukum dari Allah agar semua masyarakat mendapatkan haknya dengan adil. Misalkan berbicara tentang social media yang saat ini banyak memberikan ruang untuk kebebasan bicara. Sehingga tidak sedikit yang akhirnya membicarakan atau menyampaikan aib sesorang kepada umum. Maka hal ini sudah tidak sesuai lagi dengan konsep Demokrasi dan Ham pada ajaran Islam. Bahkan ini sama saja dengan ghibah atau membicarakan orang lain. Apalagi jika yang kita bicarakan adalah orang yang juga beragama Islam, ini seperti membicarakan aib saudara kita sendiri. Allah saja menutup aib kita, Allah jugalah yang akan membuka aib kita.


Aktualisasi nilai nilai demokrasi dan HAM seharusnya untuk kita yang Islam harus sesuai dengan konsep demokrasi dan HAM yang sesuai dengan ajaran Islam.

Demikian contoh Tugas 1 MKDU4221 Pendidikan Agama Islam. Semoga ini bisa menjadi contoh acuan belajar teman-teman. Ingat jangan plagiat ya, karena ini bisa mempengaruhi pengerjaan ujian akhir semester teman-teman. Selamat belajar.

Disarankan dibaca juga:

Posting Komentar