ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro Tugas 3 | Struktur Pasar

Posting Komentar

Assalamu’alaikum sahabat S1 Akuntansi UT, semoga hari kalian penuh kebahagiaan. Postingan kali ini adalah ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro Tugas 3 | Struktur Pasar yang mungkin saja teman-teman dapatkan pada minggu ke tujuh dari tutorial online.

Referensi jawaban dari ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro Tugas 3 | Struktur Pasar bisa teman-teman baca di BMP ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro pada modul enam, tujuh dan delapan. Semoga contoh tugas kali ini bisa membantu teman-teman untuk membaca modul yang sudah didapatkan.

ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro Tugas 3 | Struktur Pasar, Persaingan Sempurna Tidak Sempurna Monopoli Monopolistik Oligopoli harga dan output

Soal ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro Tugas 3 | Struktur Pasar

Buat ringkasan yang menunjukkan perbedaan dan persamaan antara struktur pasar yang telah Anda pelajari. Jelaskan dari sudut pandang penetapan harga dan ouput dan karakter masing-masing pasar termasuk berikan contoh-contoh penerapannya.

Jawaban ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro Tugas 3 | Struktur Pasar

Struktur pasar adalah sebuah informasi yang memberikan gambaran perilaku usaha dan kinerja pasar dengan penjelasan yang digambarkan melalui keadaan pasar. Dari beberapa sumber, Struktur pasar dapat dikatakan sebagai berikut:

  • Menurut Hasibuan (1993), struktur pasar adalah jumlah dan ukuran distribusi perusahaan dalam pasar serta mudah atau sulitnya masuk dan keluar dari pasar. Struktur pasar menjadi ukuran penting dalam mengamati variasi perilaku dan kinerja industri, karena secara strategis dapat mempengaruhi kondisi persaingan serta tingkat harga barang dan jasa, pengaruh itu akhirnya sampai pada kesejahteraan masyarakat (social-welfare).
  • Menurut Jaya (2001), struktur pasar adalah suatu variabel yang digunakan dalam menentukan perilaku perusahaan, interaksi perilaku perusahaan dan struktur pasar akan menentukan sebuah kinerja. Selanjutnya kinerja memiliki pengaruh terhadap pembentukan dari suatu struktur.
  • Menurut Teguh (2010), struktur pasar adalah karakteristik yang menunjukkan kondisi pasar, seperti jumlah pembeli dan penjual, keadaan produk, keadaan pengetahuan penjual dan pembeli, serta keadaan rintangan pasar. Perbedaan pada elemen-elemen itu akan membedakan cara masing-masing pelaku pasar dalam industri berperilaku, yang pada gilirannya akan menentukan perbedaan kinerja pasar yang terjadi.
  • Menurut Arsyad dan Kusuma (2014), struktur pasar adalah derajat persaingan dalam industri yang cenderung berubah secara perlahan-lahan, bahkan dapat dianggap tetap atau relatif permanen dalam jangka pendek. Struktur dalam industri, setidaknya, terkait dengan beberapa hal seperti, derajat konsentrasi penjual, derajat konsentrasi pembeli, derajat diferensiasi produk, dan tingkat kesulitan yang ditemui oleh perusahaan baru untuk masuk ke dalam suatu industri.

Secara umum Struktur Pasar sendiri dibedakan menjadi struktur pasar persaingan sempurna dan struktur pasar persaingan tidak sempurna. Struktur pasar persaingan tidak sempurna dibagi menjadi tiga macam yaitu struktur pasar monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli.

Struktur Pasar Persiangan Sempurna

Struktur pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar yang membebaskan peserta pasar untuk masuk dan keluar pasar serta memiliki keterbukaan informasi tentang kekuatan pasar dan barang dagangan. Dalam pasar model ini, tidak boleh terjadi monopoli pasar. Penipuan dan pemalsuan produk serta kecurangan lainnya dicegah dengan penyeragaman dan standardisasi produk. Selain itu, setiap ketidak-jujuran dalam kebebasan ekonomi akan mendapat kecaman. Struktur pasar persaingan sempurna memiliki jumlah pedagang dan penjual yang sangat banyak, informasi yang diberikan sempurna, dan memiliki mobilitas terhadap sumber daya.

Dengan adanya karakteristik diatas, maka harga dan output pun menjadi beragam dan bersaing dengan bebas. Tentunya harga yang murah dan output yang berkualitas akan bertahan di dalam persaingan pasar.

Contoh produk-produk pasar persaingan sempurna adalah produk-produk pertanian, beras, gandum, atau kentang.

Struktur Pasar Persaingan Tidak Sempurna - Pasar Monopoli

Berbeda dengan pasar persaingan sempurna, pasar monopoli merupakan kebalikan dari pasar tersebut di dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penjual untuk satu jenis barang tertentu. Pada umumnya produsen monopoli memperoleh laba melebihi normal karena adanya hambatan masuk ke dalam pasar serta di dalam pasar monopoli produsen adalah sebagai price maker. Pasar monopoli merupakan suatu pasar, atau industri dimana perusahaan individual memiliki kontrol atas harga output mereka. Semua perusahaan di dalam pasar monopoli sama-sama memiliki satu hal, yaitu menerapkan kekuatan pasar, kemampuan untuk menaikkan harga tanpa kehilangan semua permintaan akan produk mereka.

Dengan adanya karakteristik di atas, maka harga akan tetap dapat dikontrol oleh perusahaan sehingga meskipun harganya naik tetap akan ada permintaan sehingga tidak mempengaruhi output mereka atas produk.

Contohnya listrik oleh PLN, minyak oleh Pertamina, angkutan kereta oleh PT KAI.

Struktur Pasar Persaingan Tidak Sempurna - Pasar Monopolistik

Pasar persaingan monopolistik adalah bentuk pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual yang menghasilkan atau menjual produk yang berbeda-beda. Pada dasarnya persaingan monopolistis adalah pasar yang berada di antara pasar persaingan sempurna dan monopoli. Tidak adanya homogenitas produk adalah aspek pokok yang membedakan pasar persaingan sempurna, dan bukan aspek jumlah perusahaan yang ada di dalam pasar, maupun aspek kebebasan bagi perusahaan-perusahaan baru untuk masuk ke dalam pasar.

Dengan karakteristik yang dimiliki Pasar Monopolistik maka output yang dihasilkan masih bisa beragam, tetapi harga terkadang masih bisa dikontrol oleh individu perusahaan, tetapi ada alternatif lain yang bisa dicoba oleh konsumen.

Contoh produk-produk pasar persaingan monopolistik sabun, sampo, pasta gigi.

Struktur Pasar Persaingan Tidak Sempurna - Pasar Oligopoli

Oligopoli adalah struktur pasar yang industrinya didominasi oleh sejumlah kecil perusahaan yang saling bersaing. Setiap perusahaan memiliki kekuatan yang cukup besar untuk mempengaruhi harga pasar. Pasar oligopoli adalah pasar yang terdiri dari sekelompok kecil perusahaan. Biasanya struktur dari industri dalam pasar oligopoli terdapat beberapa perusahaan raksasa yang menguasai 70 sampai 80 persen dari seluruh produksi atau nilai penjualan. Beberapa perusahaan yang menguasai pasar sangat mempengaruhi pasar satu sama lain, karena keputusan dan tindakan oleh salah satu dari perusahaan sangat mempengaruhi perusahaan lainnya.

Dengan karakteristik diatas, maka output akan terjadi perbedaan antar perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain namun dalam jumlah yang kecil. Dan setiap perusahaan pada setiap jenis produk memiliki kekuatan besar untuk mengontrol harga pasar.

Contoh produk pasar oligopoli adalah industri mobil, baja, seng, atau kertas.

Itulah Penjelasan singkat mengenai Struktur Pasar dilihat dari sudut pandang harga dan output sebagai jawaban dari ESPA4111 Pengantar Ekonomi Mikro Tugas 3. Jika teman-teman ada yang ingin menambahkan atau mengkoreksi, silahkan kirimkan dikolom komentar ya. Selamat belajar.

Disarankan dibaca juga:

Posting Komentar