EKMA4158 Perilaku Organisasi Tugas 1

Posting Komentar
EKMA4158 Perilaku Organisasi Tugas 1 untuk update hari ini buat teman-teman semua semoga bermanfaat. Tugas ini adalah menjawab pertanyaan dari sebuah contoh kasus yang diberikan. Sebenarnya ini tugas penalaran bagi seorang mahasiswa yang dibandingkan dengan teori yang ada. Berikut tugas contoh kasus, pertanyaan dan jawaban tanggapan.

EKMA4158 Perilaku Organisasi Tugas 1

PIMPINAN YANG SALAH PERSEPSI
Andi adalah pimpinan pada suatu perusahaan percetakan besar di Makassar. Karyawan perusahaan ini dibayar cukup tinggi dibandingkan dengan karyawan perusahaan lain yang sejenis. Karena begitu banyaknya pesanan, sehingga sebagian besar karyawan bekerja lembur, tentunya dengan bonus lembur yang memuaskan. Andi sangat membanggakan karyawannya, dia berkata" Para karyawannya sama sekali tidak kehilangan motivasi. Sekarang ini mereka memperoleh penghasilan tertinggi di anatara perusahaan sejenis. Kami sedang merancang bonus baru untuk lebih meningkatkan produktivitas mereka. Prinsipnya, kami akan menghadapi masa kecerahan dan berbagi keuntungan dengan para karyawan semaksimal mungkin".

Tetapi apa yang terjadi sesudahnya, banyak karyawan dan kelompok karyawan yang protes, dengan mencantumkan daftar keluhan mereka, diantaranya berisi: " Kami merasa sakit hati dengan kerja lembur, Bapak dan pimpinan lainnya mungkin senang dengan kerja lembur sampai malam dan pada hari Sabtu, tetapi kami lebih menyukai bersama keluarga dan teman-teman, dan mempunyai waktu untuk rileks. Rencana bonus baru hanya khayalan. Tak seorangpun diantara kami yang percaya bahwa hal tersebut akan terealisir. Seperti biasanya, hanya kalangan manajemen saja yang menikmati keuntungan. Berhentilah memanipulasi kami. Kami tidak bermaksud sedikitpun untuk bekerja lebih keras lagi untuk sesuatu yang tidak kami peroleh keuntungannya. Bagaimana Bapak bias bicara bahwa kami merupakan sebuah keluarga yang bahagia kalau disaat yang sama Bapak sedang bersiap untuk memPHKkan kami? Sudah tersebar berita di kota ini bahwa perusahaan telah membeli tanah yang sangat luas untuk usaha di bidang real estate dan akan menjual perusahaan percetakan ini. Bagaimana kami harus memilirkan masa depan perusahaan ini kalau Bapak sendiri mau meninggalkan kami?"

Pertanyaan EKMA4158 Perilaku Organisasi Tugas 1:


  1. Apa yang sebenarnya terjadi di perusahaan percetakan ini, jika dilihat dari aspek persepsi karyawan?
  2. Apa yang harus dilakuakn perusahaan untuk mencegah reaksi-reaksi negative diatas?.
  3. Mengapa ada sekelompok karyawan yang merasa tidak bahagia, dengan pendekatan teori kebutuhan hierarkis?


Jawaban EKMA4158 Perilaku Organisasi Tugas 1:


Jawaban EKMA4158 Perilaku Organisasi Tugas 1 No. 1

Karyawan memiliki persepsi terhadap perusahaan bahwa perusahaan tidak akan bisa merealisasikan bonus jika mereka lembur dan hasil produksi akan tinggi karena hanya kalangan manajemen saja yang menerima keuntungan serta menikmatinya. Selain itu juga Selain itu juga objek persepsi yang dipengaruhi informasi atau status perusahaan yang akan dijual dan pemilik akan membuat perusahaan property yang pada akhirnya karyawan akan dipecat.

Jawaban EKMA4158 Perilaku Organisasi Tugas 1 No. 2.

Perusahaan harus memberikan jaminan bahwa bonus bisa direalisasikan. Jika memang bisa atau tidak ada order maka karyawan jangan dilemburkan terlebih dahulu. Untuk jam lembur sebelumnya cairkan bonus sehingga karyawan merasa terjamin bahwa bonus kerja selanjutnya bisa dicairkan. Untuk memenuhi waktu rileks, perusahaan bisa membuat hari kumpul keluarga sebagai bentuk penghargaan terhadap keluarga karyawan sehingga kebutuhan untuk berkumpul bersama keluarga juga bisa dirasakan kayawan.

Jawaban EKMA4158 Perilaku Organisasi Tugas 1 No. 3.

Sesuai dengan teori kebutuhan hierarki Maslow yang diungkapkan oleh Abraham Maslow bahwa kebutuhan kebutuhan pada tingkat terendah harus terpenuhi atau paling tidak cukup terpenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan kebutuhan di tingkat yang lebih tinggi. Adapan hierarki kebutuhan tersebut jika diurut dari atas sebagai berikut:
AKTUALISASI DIRI
PENGHARGAAN
KASIH SAYANG
RASA AMAN
KEBUTUHAN FISIOLOGI

Menurut Maslow Kebutuhan Fisiologi adalah kebutuhan paling bawah atau kebutuhan dasar, sedangkan kebutuhan Aktualisasi Diri adalah kebutuhan terakhir setelah kebutuhan dibawahnya terpenuhi.

Dalam kasus karyawan lembur dapat bonus namun tidak bahagia bisa ditempatkan bahwa karyawan sudah terpenuhi kebutuhan dasarnya dengan gaji yang lebih tinggi. Mendapatkan bonus sebagai kebutuhan Penghargaan, namun kebutuhan kasih sayang dan rasa aman belum terpenuhi seperti tidak yakin tetap dipertahankan perusahaan jika berubah menjadi perusahaan property sebagai kebutuhan rasa aman dari PHK dan tidak bisa berkumpul bersama keluarga karena sering lembur sebagai kebutuhan kasih sayang antar keluarga padahal kebutuhan rasa aman dan kasih sayang berada dibawah kebutuhan penghargaan.

Demikian uraian tugas contoh kasus, pertanyaan dan jawaban dari EKMA4158 Perilaku Organisasi Tugas 1. Semoga bisa menjadi gambaran untuk tugas serupa. Selamat balajar dan jangan plagiat ya.

Disarankan dibaca juga:

Posting Komentar